Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu. Diluar Indonesia Gerakan Pramuka dikenal dengan sebutan Scout. Dan organisasi kepanduan dunia adalah WOSM ( Word Organization Of The Scout Movement ). Organisasi yang mengorganisir kepanduan kepanduan diseluruh dunia. Didirikan pada taun 1920 berkantor pusat di Kota Genewa, Switzerland. WOSM menjadi peran positif untuk pembinaan pemuda melalui Janji dan Dharma Pandu. Kepanduan atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan Gerakan Pramuka masuk ke indonesia sejak masa masa Hindia – Belanda. Dengan begitu cepatnya Kepanduan mudah diterima oleh bangsa kita karena sifatnya yang universal.

Beberapa orang beranggapan bahwa Pramuka hanya organisasi bersenang senang, hanya anak anak kecil yang suka ikut Pramuka, Pramuka hanya bertepuk tangan ria, Pramuka hanya ini itu dan sebagainya. Padahal bukan seperti itu faktanya, mereka saja yang belum tau rasanya terjun ke organisasi Kepramukaan. Untuk kamu yang memang anggota Pramuka pasti punya anggapan tersendiri, bahwa Pramuka itu tidak cuma bersenang senang tetapi  anggota Pramuka turut serta membangun negeri.

Lalu kemudian saya bertanya kepada beberapa anggota Pramuka tentang ” Apa Yang Kamu Suka Dari Pramuka ?”. Dalam artikel ini akan saya publikasikan beberapa jawaban terbaik menurut saya.

Apakah kamu bangga menjadi anggota pramuka ?, lantas apa yang kamu banggakan?. Nah diartikel kali ini akan saya bahas tentangbetapa kerennya menjadi anggota pramuka, mungkin setelah kakak baca yang ikut pramuka jadi makin semangat dan yang masih belum ikut pramuka jadi tertarik untuk ikut pramuka.

Alasan Kenapa Harus Suka Pramuka

Anak Pramuka, berseragam cokelat tua cokelat muda. Menjadi anak pramuka itu menurut saya keren, anak pramuka juga pantang menyerah dan berjiwa besar. Seperti judul artikel ini ” Alasan Kenapa Anak Pramuka Itu Keren”, akan saya jelaskan sebagai berikut :

1. Pramuka Itu  Disiplin Berani Dan Setia

Anak pramuka itu harus berani mengambil keputusan, bukan berani menantang orang tapi berani karena benar. Pramuka harus disiplin, disiplin waktu disiplin tempat dan disiplin suasana. Tidak melakukan hal hal yang membuat orang sekitar terganggu.

2. Pramuka Itu  Suka Menolong

Pramuka itu suka menolong. Menolong orang yang sedang dalam kesusahan tanpa mengharakan balasan atau imbalan.

3. Pramuka Itu Bertanggung Jawab

Pramuka harus bertanggung jawab. Bertanggung jawab atas apa yang telah ia perbuat, tidak melempar lemparkan tanggung jawab, tidak menyalahkan satu sama lain.

4. Pramuka Itu Harus Hemat Dan Cermat

Pramuka harus bisa menghemat, menghemat uang yang dimilikinya untuk keperluan pribadinya.Sehingga tidak merepotkan orang tua, pramuka juga haru cermat.

5. Pramuka Itu Harus Patuh Terhadap Orang Tua Dan Agama

Pramuka itu patuh terhadap orang tuanya, tidak pernah membangkang kepada orang tua, patuh terhadap orang tua. Dan pramuka itu patuh terhadap agama yang dianutnya, beribadah, bertoleransi antar umat.

Apa Yang Kamu Suka Dari Pramuka ?

1. Dari Kak Nailun Kotrin Nikmah ” Menarik dan Asik “

Pramuka itu menarik, Pramuka itu asik. Pramuka adalah salah satu kegiatan yang menarik dan asyik, ibarat nya Pramuka itu, sebagai wahana anak untuk bersahabat dengan alam. Pramuka sudah melekat dihati kami, bukan hanya kegiatas extra disekolah kami, namun setiap saat ilmu Pramuka harus digunakan.

2. Dari  Kak Ghisellma Arthamevia W Kebersamaan, Keberanian, Kedisiplinan, Kekompakan “

Karena Pramuka menunjukkan rasa keberanian ,di Pramuka harus mengerjakan semua tugas dengan tepat waktu dan di Pramuka harus ada rasa kebersamaan.

3. Dari Kak Aries Yetti FirdayantiPramuka Mengajarkan Hidup Mandiri Dan Mendekatkan Diri Kita Dengan Alam “

Pramuka mengajarkan manusia utuk hidup mandiri dan tidak menyusahkan orang banyak, melainkan mereka lebih memilih direpotkan oleh orang lain. Mendekatkan diri dengan alam, maksudnya kita bisa lebih mengenal alam dengan kegiatan yg di lakukan oleh Pramuka.

4. Dari Kak Indri Passcout Mania Kebersamaan Dan Kerja Sama nya

Alasannya, misalkan di dalam Pramuka itu ada sebuah perlombaan yag menantang antar sesama regu, kita pasti butuh kerja sama supaya bisa melawan tantangannya itu. Tetapi kalau sesama regu tidak ada kerja sama nya, pasti akan sulit untuk menghadapi rintangannya tersebut. Menurut saya, kalau di dalam Pramuka tidak ada kebersamaannya, Pramuka pasti tidak akan menyenangkan. Karna kebersamaan lah yang membuat keadaan menjadi lebih menyenangkan.

5. Dari Kak Ilham Fikri Maulana ” Kegilaanya “

Bukan gila sembarang gila, tetapi Pramuka itu sangat begitu menghebohkan, gila dalam arti menghebohkan. Dia itu tidak punya malu tapi tau malu. Dan gila untuk ikut serta membangun negeri, intinya menjadi kegilaan yang positif.