Pengertian Tongkat Pramuka

Kegunaan Dan Bahan Tongkat Pramuka. Tongkat merupakan kelengkapan bagi anggota Gerakan Pramuka disetiap kegiatannya. Tongkat mempunyai berbagai macam fungsi dan kegunaan, diantaranya digunakan untuk membuat tenda, membuat pionering, membuat berbagai macam perlengkapan perkemahan. Tongkat Pramuka juga digunakan dalam baris berbaris. Tongkat Pramuka juga mempunyai ketentuan sendiri terkait ukuran tongkat warna tongkat, bahan dan penggunaan baik cara penggunaan tongkat saat baris-berbaris maupun di luar PBB.

Salah satu perlengkapan pramuka adalah tongkat yang pada prinsipnya tongkat hanyalah barang yang sederhana, namun banyak sekali manfaatnya. Tongkat pramuka bukan hanya merupakan salah satu perlengkapankan pramuka saja melainkan juga dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan penunjang dalam pramuka.ongkat pramuka merupakan alat yang sangat berguna untuk kegiatan pramuka termasuk untuk membuat tandu dan juga mendirikan tenda. Tongkat dapat kita manfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membuat tangga, rak sepatu, tempat jemur pakaian dan lain sebagainya.

Bukan polisi dan bukan tentara, tali dan tongkat itulah senjatanya, coklat tua coklat muda seragamnya, merah dan putih tergantung di lehernya. Dari lirik lagu Pramuka diatas dapat disimpulkan bahwa tongkat Pramuka sudah selayaknya senjata bagi anggota Gerakan Pramuka. Di pasaran, tongkat untuk pramuka bisa ditemui dengan mudah. Ada yang terbuat dari kayu dan bambu. Tongkat yang berasal dari bambu bisa berupa bambu biasa dan bambu cendani. Sedangkan tongkat dari bambu, dapat menggunakan bagian ranting maupun batang pohon.

Ketentuan terkait ukuran tongkat pramuka, warna tongkat pramuka, bahan tongkat pramuka

Pada umumnya tongkat pramuka dibuat dari bahan bambu atau kayu berbentuk silinder. Untuk ukuran panjang tongkat pramuka yaitu160 cm atau 1,6 meter ber diameter sekitar 5 cm. Warna tongkat yaitu bebas  sesuai dengan aspirasi, keinginan, dan kreatifitas masing-masing. Jika semua anggota satu regu membawa tongkat, warna tongkat diusahakan seragam untuk menunjukkan kekompakan regu.

Banyak kita melihat pewarnaan tongkat pramuka dibagi menjadi tiga bagian, semisal warna kuning di kedua ujungnya dan putih di bagian tengah. Bagian ujung yang berwarna kuning berukuran masing-masing 30 cm, sedangkan bagian tengah yang berwarna putih berukuran 100 cm. Seperti yang ditulis tadi bahwa pewarnaan tongkat yaitu bebas  sesuai dengan aspirasi, keinginan, dan kreatifitas masing-masing. Jika semua anggota satu regu membawa tongkat, warna tongkat diusahakan seragam untuk menunjukkan kekompakan regu.

Dalam kepramukaan tongkat pramuka adalah benda yang serba guna, karena dapat difungsikan berbagai macam seperti dalam pengembaraan, membutuhkan tongkat untuk membantu berjalan, untuk membawa barang dan lain sebagainya. Tongkat adalah perlengkapan yang sangat bermanfaat, dengan tongkat Pramuka kita dapat :

  1. Membuat tenda.
  2. Membuat pionering Pramukaseperti pionering gapura, tandu, dan ikatan ikatan Pramuka.
  3. Sebagai alat bertahan diri dari hewan liar.
  4. Baris berbaris( PBB ).
  5. Sebagai alat bantu menaksir tinggi dan jarak.
  6. Sebagai alat bantu packing barang.

Sangat penting perawatan tongkat agar tidak rusak dan bertahan lama. Dengan cara menyimpan dengan benar agar dapat dipergunakan sewaktu dibutuhkan untuk membuat sesuatu.