Dalam kepramukaan ada salah satu yang namanya tanda pengenal pramuka, lalu apa tanda pengenal pramuka itu ?. Tanda pengenal pramuka adalah suatu tanda atau benda yang dipakai pada pakaian pramuka yang menunjukan suatu identitas seseorang.

Tanda pengenal dipakai untuk mempermudah mengenali seseorang, tanda pengenal juga bertujuan sebagai motivasi agar anggota gerkan pramuka data bersungguh sungguh melaksanakan janji dan moranya, mengamalkan pengetahuan yang pernah ia dapat.

Apakah fungsi dari tanda pengenal ?, yang namanya tanda pengenal pasti untuk mengenal seseorang melalui tanda tanda yang terpakai dalam bajunya. Fungsi dari tanda pengenal yaitu sebagai alat pengenal, sebagai tanda penghargaan, alat pendidikan, sebagai tanda pengesahan.

Macam Macam Tanda Pengenal

1) Tanda Umum

Secara umum dipakai oleh anggota pramuka baik putra ataupun putri

Macamnya: Tanda tutup kepala, hasduk, tanda pelantikan, tanda harian, tanda WOSM.

Source Google 4

Source Google 4

2) Tanda Satuan

Sebagai pengenal ketika anggta pramuka tergabung dalam satuan tertentu.

Source Google 3

Source Google 3

Macamnya: Tanda Barung / Regu / Sangga, Gugus Depan, Kwartir, MABI, Krida, Saka dll.

3) Tanda Jabatan

Tanda jabatan menunjukkan jabatan dan tanggungjawab seorang anggota Gerakan Pramuka

Macamnya: Tanda Pimpinan / Wakil Pimpinan Barung / Regu / Sangga, Sulung, Pratama, Pradana, Pimpinan / Wakil Krida / Saka dll.

Source Google 2

Source Google 2

4) Tanda Kecakapan

Menunjukkan kecakapan yang dimiliki oleh anggota Pramuka dalam bidang bidang tertentu

Source Google

Source Google

Macamnya: Tanda Kecakapan Umum / Khusus, Pramuka Garuda dan tanda keahlian lain bagi orang dewasa.

TKU (Tanda Kecakapan Umum) merupakan bagian dari sistem tanda kecakapan dalam Gerakan Pramuka di samping TKK (Tanda Kecakapan Khusus). Tanda Kecakapan Umum diberikan setelah seorang anggota Gerakan Pramuka menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) dalam tingkatannya masing-masing. Tanda Kecakapan Umum hanya berlaku bagi anggota Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. TKU tidak digunakan bagi  Pembina, Andalan dan anggota dewasa lainnya.

Tanda Kecakapan Khusus (TKK) merupakan tanda yang diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan  peserta didik dalam suatu bidang tertentu. TKK bersifat opsional, sehingga peserta didik dapat memiliki TKK yang berbeda beda dari peserta didik lain. TKK jumlahnya saat ini mencapai puluhan, dan kemungkinan akan ditambah seiring dengan kemajuan teknologi. Untuk mendapatkan suatu TKK, seorang Pramuka harus mampu menyelesaikan Syarat Kecakapan Khusus dalam bidang tersebut.

5) Tanda Kehormatan

Menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada seseorang atas jasa, darma baktinya dan lain-lain.

Source Google 5

Source Google 5

Macamnya : Peserta didik: Tiska, Tigor, Bintang Tahunan,dll.

6) Tanda Penghargaan

Tanda Penghargaan adalah tanda yang menunjukkan jasa atau penghargaan yang diberikan kepada seseorang, atas jasa, darma bakti, dan lain-lainnya, yang dianggap cukup bermutu dan berguna bagi Gerakan Pramuka, Gerakan Kepramukaan Sedunia, masyarakat, bangsa, negara, dan umat manusia. Tanda Penghargaan terdiri atas Tanda Penghargaan bagi didik dan Tanda Penghargaan Orang Dewasa.