Kata sandi berasal dari bahasa Sanskerta, yang artinya rahasia. Karena itu maka tulisan rahasia disebut sandi, atau tulisan-tulisan yang dirahasiakan. Huruf atau kata sandi sulit dimengerti kecuali kalau kita mengetahui  kunci atau cara memecahkannya.

Asal mula sandi ini berasal dari para pahlawan jaman dulu yang suka berkelana  dan suka berpindah-pindah tempat tinggal,untuk itu mereka harus memiliki  kata sandi dan bisa mempergunakannya berbagai bentuk sandi untuk mengecoh / mengelabui lawan-lawan atau musuhnya. Sekitar tahun 3000 SM, di Kerajaan Babilonia telah ditemukan tulisan cuneiform. Untuk mengirimkan berita rahasia antar kota, mereka menulis pesan di kepala para budak yang baru dicukur, lalu menunggu sampai rambutnya tumbuh. Kemudian budak itu dikirim ke tempat yang dituju. Di tempat tujuan, kepala budak dicukur kembali untuk mengetahui pesan yang tersembunyi.

Sandi dalam kegiatan pramuka kerap digunakan ketika tengah melakukan kegiatan rutin pramuka, hiking, camping, permainan. Dengan Tujuann untuk melatik para penggerak pramuka untuk membangun kerjasama, ketelitian, dan masalah yang dihadapi.

Selain itu sandi-sandi kotak ini yang fungsinya mengkode suatu kata, dapat anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari atau sekedar untuk bermain pesan tersembunyi bersama teman. Dapat juga anda gunakan untuk menulis buku harian yang tentunya tidak banyak diketahui oleh orang lain.

Sandi kotak merupakan sandi yang dibentuk dari garis garis yang membentuk kotak kotak, setengah kotak yang ditenganya mempunyai titik sebagai pembeda abjad abjad dalam sandi tersebut.

Sandi Kotak Satu

Sandi kotak satu, cara mempelajari sandi kotak satu yaitu dengan menggunakan garis garis yang dibentuk kotak dan silang, seperti gambar berikut

Materi Sandi Kotak 1 Dan Sandi Kotak 2

Materi Sandi Kotak 1 Dan Sandi Kotak 2

Sandi Kotak Dua

Sandi kotak merupakan sandi kembangan dari sandi kotak satu. Sandi ini sama cara mempelajarinya dengan membuat garis garis yang dijadikan kotak, perbedaanya tidakmembuat garis yang membentuk silang. Dan jika pada sandi kotak satu hanya terdapat titik satu dalam abjadnya, berbeda dengan sandi kotak dua, didalam sandi kotak dua terdapat dua titik yang membedakan setiap anjadnya. Contoh seperti gambar berikut

Materi Sandi Kotak 1 Dan Sandi Kotak 2

Materi Sandi Kotak 1 Dan Sandi Kotak 2