Gerakan Pramuka mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Jiwa ksatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu kemedan juang dengan saling bahu membahu. Diluar Indonesia Gerakan Pramuka dikenal dengan sebutan Scout. Dan organisasi kepanduan dunia adalah WOSM ( Word Organization Of The Scout Movement ). Organisasi yang mengorganisir kepanduan kepanduan diseluruh dunia. Didirikan pada taun 1920 berkantor pusat di Kota Genewa, Switzerland. WOSM menjadi peran positif untuk pembinaan pemuda melalui Janji dan Dharma Pandu.

Kepanduan atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan Gerakan Pramuka masuk ke indonesia sejak masa masa Hindia – Belanda. Dengan begitu cepatnya Kepanduan mudah diterima oleh bangsa kita karena sifatnya yang universal. Pramuka, Praja Muda Karana memiliki makna kaum muda yang suka berkarya. Di indonesia dikenal dengan nama Gerakan Pramuka, dengan identitas menggunakan  baju berwarna coklat serta memakai hasduk dan baret atau topi rimbanya. Menjadi anak pramuka pastinya pernah menikmati PERSAMI ( Perkemahan Sabtu Minggu ), tetapi tidak berhenti di persami saja, pastinya masih banyak hal yang menyenangkan jika menjadi anak pramuka.

Beberapa orang beranggapan bahwa Pramuka hanya organisasi bersenang senang, hanya anak anak kecil yang suka ikut Pramuka, Pramuka hanya bertepuk tangan ria, Pramuka hanya ini itu dan sebagainya. Padahal bukan seperti itu faktanya, mereka saja yang belum tau rasanya terjun ke organisasi Kepramukaan. Untuk kamu yang memang anggota Pramuka pasti punya anggapan tersendiri, bahwa Pramuka itu tidak cuma bersenang senang tetapi  anggota Pramuka turut serta membangun negeri.

Apasih Pramuka itu ?, Pramuka adalah kegiatan yang hanya bertepuk tangan atau bagaimana?. Pendapat orang wam demikian, memang seseorang tidak bisa mendefinisikan pramuka jika tidak terjun langsung didalamnya, merasakan bagaimana berkegiatan pramuka. Sebuah kutipan “Belajar dari siapa saja, kapan saja dan dimana saja” tentu di pramuka kita bisa belajar dengan sudut pandang lain. Memang berkegiatan pramuka sering lupa waktu, contohnya lupa waktu untuk keluarga sampai sampai dimarahi dengan orang tua. Tapi itu semua merupakan resiko yang harus dihadapi, jangan kawatir juga berkegiatan pramuka mempunyai dampak positif kok.

Apakah kamu bangga menjadi anggota pramuka ?, lantas apa yang kamu banggakan?. Nah diartikel kali ini akan saya bahas tentang betapa banyakya manfat menjadi anggota pramuka, mungkin setelah kakak baca yang ikut pramuka jadi makin semangat dan yang masih belum ikut pramuka jadi tertarik untuk ikut pramuka.

Keuntungan aktif Pramuka diantaranya :

1. Lebih Disiplin

Kita dapat membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab Dalam pramuka telah diajarkan bagaimana kita memanfaatkan waktu serta bagaimana jika kita sedang mengemban suatu tugas. Hai itu secara tidak langsung dapat membentuk karakter kita dan lama-kelamaan kita akan terbiasa dengan melakukan suatu hal denga disiplin

2. Lebih Mandiri

Kemandirian dapat dibentuk dalam Pramuka, berbagai kegiatan Pramuka tanpa kita sadar membuat dampak baik bagi kita. Salah satunya kemandirian bisa dibentuk lewat perkemahan, saat berkemah kita diharuskan mengurus semua kebutuhan sendiri. Seperti memasak, mencuci perabot dan baju, serta membersihkan tempat yang kita tinggali.

3. Cinta Alam

Saat berkemah kita bisa lebih dekat dengan alam, dapat juga belajar dengan alam. Dengan harapan lebih dekat dengan alam, anggota Pramuka tidak melakukan tindakan yang merusak alam. Kegiatan kegiatan yang ada dalam pramuka pun kebanyakan kegiatan outdoor yang memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan alam ini.

4. Melatih Sifat Kepemimpinan

Sifat kepemimpinan sangat diperlukan dalam pramuka. Jika mengikuti pramuka kita pasti tiadak akan jauh dengan kepemimpinan baik itu kepemimpinan saat menjadi tugas upacara ataupun sebagai pemimpin dalam suatu event pramuka yang diadakan sekolah.

5. Melatih Kerja Sama Dan Kebersamaan

Pramuka tidak bisa hidup sendiri, Pramuka butuh orang lain untuk berkeja sama. Kerja sama dapat terbentuk ketika kegiatan perkemahan, ketika kita berkemah kita harus saling berkerja sama. Berkerja sama mendirikan tenda, mau berbagi tempat tidur, berkerja sama mencuci peralatan makan dll.